Obrolan Setelah Jumatan ?>

Obrolan Setelah Jumatan

Setelah istirahat sholat Jumat, saya mengajak salah satu teman cleaning service untuk makan bersama. Seperti biasanya, selalu ada obrolan-obrolan yang terselip dari kegiatan inti. Obrolan kita saat itu mengacu terhadap permasalahan dalam kehidupan.

Kita akhirnya menyepakati, jika terkadang dalam hidup kita sering terjebak dengan beberapa hal bijak yang membuat kita tetap bersikukuh, bahkan dalam situasi sulit sekalipun. Tapi pertanyaannya, apakah hal tersebut memang bijak atau tidak? Atau malah kita yang menganggapnya bijak, namun kenyataannya justrus sebaliknya.

Kita sering mendengar, bahwa Allah tidak akan memberikan sebuah cobaan yang tidak bisa dilalui oleh hamba Nya. Ya, kita memang wajib percaya akan hal itu, saya dan teman saya juga sangat percaya. Namun yang perlu digaris bawahi, darimana kita tahu bahwa cobaan yang datang itu bisa kita lalui atau tidak. Atau malah justru kita merasa bisa untuk membabat habis semua permasalahan, yang padahal masalah tersebut bukanlah ditujukan untuk kita.

Berikutnya, Yang Maha Kuasa berfirman, jika Dia Yang Maha Tahu yang terbaik bagi hamba Nya dan semua sudah tertakdirkan. Namun pastinya beda, yang terbaik menurut kita dengan Dia. Kemudian, kita pun sering terjebak dalam situasi, “In the end, everythings gonna be alright, if its not alright, its not the end”.  Sehingga kita tetap fokus dalam mencari hasil yang baik. Tapi darimana kita tahu jika yang hasil buruk sekalipun adalah yang terbaik untuk kita.

Mbulet. Haha.

Waktu istirahat pun hanya menyisakan beberapa saat saja. Hingga kita berdua memutuskan dan mempercayai tentang tiga hal, yakni usaha, doa, ikhlas/tawakkal. Percaya jika Dia adalah sebenar-benarnya Penolong dan Penyelamat. Pertolongannya bisa melalui cara yang bahkan tidak kita sangka sekalipun. Yang penting satu, ikhlas. Itulah sebabnya mengapa ikhlas berada di urutan terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial