Owner is Nothing without Marketing ?>

Owner is Nothing without Marketing

Sekitar seminggu yang lalu, salah satu tokoh favorit gw, Pak Joko Widodo (Walikota Solo), yang punya sebutan Jokowi, dua kali diliput Metro TV. Mata Najwa + Managing The Nation. Ada satu kalimat penting yang gw ‘rekam’ pada saat itu,

“Indonesia itu birokratnya pinter-pinter, tapi sistem yang dibuat salah!”

Naaaaaahh!!! GW SETUJU BANGET! Dan kalimat tersebut bisa diterapkan dimana aja. Misalnya di dunia enterpreuner deh. Dikerucutin lagi, pengusaha makanan/ tempat nongkrong di Jogja (soalnya dunia gw ya disini, hehehe)

Banyak banget tempat yang enak, nyaman di Jogja……………. Tapi sepi. Kesalahannya ada dimana?? Jelas di sistemnya kan?? Sistem apa? Menurut gw, sistem marketingnya. Kalao kita lihat dari dasar 4P (Product, Place, Price, Promotion), banyak tempat yang Place, Product, Price nya udah oke.. Tapi masih aja sepi konsumen. Berarti yang salah adalah sistem Promotion-nya kan? Ya MARKETING itu tadi.

Salah satu kesalahan dunia marketing di Jogja adalah, “Tidak bisa mengkomunikasikan dengan tepat, kepada target konsumennya, tentang apa yang dijual”. Dan itu sangat krusial menurut gw!

Nah, jadi buat yang mau buka usaha atau mau ngebangun sebuah brand yang baru, sebaiknya hal pertama yang harus dimengerti adalah bagaimana caranya agar bisa mengkomunikasikan yang mau dijual kepada target konsumennya, dan mengetahui perilaku target konsumennya, biar nyambung ‘ngobrol’nya 🙂

Kalo udah tau perilakunya, berarti udah tau dong, mereka itu sukanya PRODUCT yang kayak gimana. Trus, juga tau dong PRICE yang sanggup dikeluarkan oleh target konsumen itu berapa. Soal PLACE, tenang aja.. Banyak tempat yang nun jauh di mata, tapi tetep rame.

Jadi, bener kan, pendapat Jokowi tadi… Sehebat apapun owner (birokrat) nya, akan sia-sia kalo nggak punya marketing konsep (sistem) yang bagus. Makanya, owner itu nothing kalo nggak ada marketing.

Sekian dan Aura Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial